1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Kediri - Dalam Kota; 23-07-2017; 12 Jam - Sopir & BBM
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Kediri

(0 mobil tersedia)
Tunggu kehadiran DOcar di Kota Kediri.
Tentang Kediri

Tentang Kota Kediri

Kota Kediri terletak di Provinsi Jawa Timur, 130 kilometer sebelah barat Kota Surabaya. Di provinsi tersebut, Kediri menjadi kota berpopulasi terbanyak ketiga di belakang Surabaya dan Kota Malang. Semboyan Kota Kediri, “Djojo ing Bojo”, adalah ungkapan bahasa Jawa yang berarti “mengalahkan marabahaya”.

Luas wilayah Kota Kediri adalah 63.40 kilometer persegi. Menurut catatan tahun 2010, populasi kota ini 267.435 jiwa. Kepadatan penduduknya mencapai 4,218 kilometer persegi. Kota ini terbagi menjadi tiga kecamatan dengan 46 kelurahan.

Penduduk Kota Kediri sebagian besar berasal dari suku Jawa diikuti oleh suku bangsa Tionghoa, Batak, Manado, Ambon, Madura, Sunda, dan Arab. Bahasa Jawa dan bahasa Indonesia menjadi dua bahasa yang paling banyak digunakan warga Kediri untuk berkomunikasi sehari-hari. Bahasa Jawa yang dituturkan mayoritas masyarakat Kediri (serta penduduk wilayah Mataraman Jawa Timur lainnya) cenderung halus dari segi pemakaian kata dan penuturan. Hal ini berbeda dengan bahasa Jawa Dialek Surabaya dan Dialek Malang yang blak-blakan dan egaliter.

Sejarah Kota Kediri

Kerajaan Kediri, sebuah kerajaan Hindu yang berdiri pada abad ke-11, kiranya menjadi awal mula wilayah tersebut menjadi permukiman perkotaan. Daerah kekuasaan kerajaan tersebut kira-kira meliputi Kabupaten Kediri sampai dengan Kabupaten Madiun.

Kerajaan Kediri lahir ketika wilayah Medang dibagi menjadi dua sepeninggal Airlangga. Wilayah barat (Panjalu) memiliki pusat pemerintahan di Daha sedangkan wilayah timur (Jenggala) berpusat di Kahuripan. Kerajaan Panjalu kemudian disebut sebagai Kerajaan Kediri.

Kota Kediri menjadi kota penting pada masa Kerajaan Singasari, Majapahit, Demak, dan Mataram. Usai Geger Pecinan, Kediri jatuh ke tangan VOC. Daerah tersebut dikuasai Belanda hingga berlangsungnya Perang Kemerdekaan Indonesia.

Saat Revolusi Kemerdekaan pada tahun 1945-1949, Kediri menjadi salah satu titik rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman. Kota ini juga menjadi saksi bisu sejarah kelam ketika Pemberontakan G30S PKI berlangsung. Pada era itu, banyak penduduk Kediri menjadi korban.

Wisata Kota Kediri

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Kota Kediri adalah ibukota kuno bagi kerajaan-kerajaan Jawa. Reruntuhan-reruntuhan kuno di jaman Kerajaan Kediri dan Kerajaan Majapahit masih bisa ditemukan di sini. Pada tahun 2007, para peneliti menemukan artefak arkeologi yang menunjukkan peninggalan Kerajaan Kediri.

Objek wisata Kediri yang terkenal adalah wisata sejarah, religi, alam, rekreasi, dan kuliner. Destinasi wisata rekomended di antaranya Klenteng Tjio Hwie Kiong, Gereja Merah GPIB Kediri, Dermaga Joyoboyo, Monumen Kediri Syu, Museum Airlangga, Museum Fotografi Kediri, Gua Selomangleng, Taman Sekartaji, Alun-alun Kota Kediri, Waterpark Selomangleng, Makam Kuno Mbah Wassil, Masjid Auliyya Setono Gedong, Mojoroto Indah Trade Centre, Pasar Setono Betek, Pasar Raya Sriratu, dll.

Wisata Kuliner Kota Kediri

Kediri mendapat julukan Kota Tahu karena memiliki kuliner khas Tahu Kuning. Kuliner tersebut biasanya dijadikan oleh-oleh para turis. Selain Tahu Kuning, hidangan Nasi Pecel Tumpang juga dianggap sebagai makanan khas Kediri.

Makanan khas Kediri lainnya adalah Stik Tahu, Sate Bekicot, Krengsengan Bekicot, Nasi Goreng Arang, Sate Emprit, Klepon, Cenil, Lopis, Carang Mas Mawae, Gethuk Pisang, Emping Tahu, Kripik Bekicot, dll.

DOcar menawarkan solusi sewa mobil untuk Anda yang ingin menyewa mobil dengan tarif termurah fasilitas terlengkap. Pasang aplikasi DOcar di perangkat Android Anda sekarang! Dapatkan sewa mobil keliling Kediri termurah dan terpercaya.

Hotel dan Penginapan di Kota Kediri

Hotel rekomended di Kota Kediri di antaranya:

  1. Grand Surya Hotel Kediri
  2. Lotus Garden Hotel
  3. Omah Pawon Hotel
  4. Penataran Hotel
  5. Hotel Bismo
  6. Tristar Hotel
  7. Hotel Pondok Indah Kediri
  8. Muslim Hotel
  9. Kolombo New Hotel
  10. Charis Hotel
Selengkapnya
Full Day : 24 jam dalam tanggal yang sama
Sopir tanpa BBM :   biaya termasuk mobil & sopir
Sopir & BBM : biaya termasuk mobil, sopir & bbm
All In : biaya sudah termasuk mobil, sopir, BBM, parkir, tol, makan sopir, akomodasi sopir
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Temukan Kami
Download DOcar Apps
download docar app