1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Lombok

(11 mobil tersedia )
Urutkan berdasar :
AVANZA PUTIH BERSIH  Rental Mobil  Lombok
AVANZA PUTIH BERSIH
0.0
Rp 500.000
2014 Premium
6
AVANZA SILVERSTONE   Sewa Mobil  Lombok
AVANZA SILVERSTONE
0.0
Rp 500.000
2015 Premium
6
AVANZA HITAM TANGGUH  Rental Mobil  Lombok
AVANZA HITAM TANGGUH
0.0
Rp 500.000
2010 Premium
6
AVANZA SILVER   Sewa Mobil  Lombok
AVANZA SILVER
0.0
Rp 500.000
2011 Premium
6
AVANZA ABU METALIK  Rental Mobil  Lombok
AVANZA ABU METALIK
0.0
Rp 500.000
2009 Premium
6
XENIA HITAM MULUS   Sewa Mobil  Lombok
XENIA HITAM MULUS
0.0
Rp 550.000
2011 Premium
6
AVANZA 2016 MULUS XX  Rental Mobil  Lombok
AVANZA 2016 MULUS XX
0.0
Rp 550.000
2016 Premium
6
INNOVA HITAM METALIK   Sewa Mobil  Lombok
INNOVA HITAM METALIK
0.0
Rp 600.000
2010 Premium
7
INNOVA 2015 PUTIH   Rental Mobil  Lombok
INNOVA 2015 PUTIH
0.0
Rp 600.000
2015 Premium
7
INNOVA 2009 SIAP PAKAI   Sewa Mobil  Lombok
INNOVA 2009 SIAP PAKAI
0.0
Rp 700.000
2009 Premium
7
INOVA REBORN 2016 SUPER B  Rental Mobil  Lombok
INOVA REBORN 2016 SUPER B
0.0
Rp 800.000
2016 Premium
7
Tentang Lombok

Sejarah Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara). Pulau ini berbatasan dengan Selat Lombok di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur. Luas pulau ini kurang lebih 5.435 km persegi. Dengan luas tersebut, pulau ini menjadi pulau dengan peringkat ke-108 terluas di dunia.

Secara geografis, Selat Lombok adalah batas flora dan fauna Asia. Menurut Alfred Russel Wallace, seorang berkebangsaan Inggris, yang berpendapat pada abad ke-19, wilayah mulai dari Pulau Lombok ke arah timur mempunyai flora dan fauna yang lebih mirip dengan flora dan fauna di Australia daripada Asia. Batas antara dua jenis flora dan fauna Asia dan Australia ini dinamakan Garis Wallace.

Pulau Lombok didominasi topografi gunung berapi yaitu Gunung Rinjani. Ketinggian gunung tersebut mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani termasuk gunung ketiga tertinggi di Indonesia setelah Pegunungan Jayawijaya di Provinsi Papua dan Gunung Kerinci di Provinsi Jambi. Komoditas jagung, kopi, tembakau, kapas, dan padi biasa ditanam di daerah selatan pulau yang subur.

Secara administratif, Pulau Lombok termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota. Satu-satunya kota di Pulau Lombok, Kota Mataram, adalah sekaligus menjadi kota utama di pulau ini. Sementara itu, empat kabupaten lainnya adalah Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Lombok Timur.

Pulau Lombok adalah kampung halaman Suku Sasak. Dilansir dari wacana.co, dari sekitar 3.000.000 jiwa yang mendiami Pulau Lombok, sebanyak 80% di antaranya merupakan Suku Sasak. Suku ini telah mendiami Pulau Lombok sejak tahun 4.000 SM.

Ada beberapa pendapat berbeda tentang asal Suku Sasak. Sebuah pendapat menyatakan bahwa leluhur suku ini adalah orang Jawa. Pendapat yang lain mengatakan bahwa orang Sasak adalah campuran antara penduduk asli Lombok dengan para pendatang dari Jawa.

Suku Sasak memiliki bahasa dan aksara yang unik. Sistem aksara bahasa Sasak sama-sama menggunakan aksara Ha-Na-Ca-Ra-Ka seperti aksara Jawa. Akan tetapi, secara pelafalan, bahasa Sasak lebih dekat dengan bahasa Bali. Etnolog mengkategorikan bahasa Sasak ke dalam rumpun bahasa Austronesia Melayu-Polinesian. Bahasa Sasak memiliki kesamaan ciri dengan rumpun bahasa Bali-Sasak dan bahasa Sunda-Sulawesi. Secara dialek, bahasa Sasak dibedakan ke dalam beberapa golongan yaitu Mriak-Mriku (Lombok Selatan), Meno-Mene dan Ngeno-Ngene (Lombok Tengah), Ngeto-Ngete (Lombok Tenggara), dan Kuto-Kute (Lombok Utara), sesuai dengan wilayah penuturnya.

Sedangkan untuk sejarah Kota Mataram, kota ini telah ada sejak lama bahkan sebelum lahirnya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).  Menurut LomboKita, Nama Mataram berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “Mata” (‘Ibu’) dan “Aram” (‘Hiburan’). Dengan demikian, Mataram artinya ‘persembahan untuk ibu pertiwi.’

Ada juga yang mengatakan bahwa Mataram berasal dari kata “Matta” (‘Gembira/Gairah’) dan “Aram” (‘Hiburan’). Dengan nama demikian, Matta-aram dimaksudkan sebagai perlambang kegairahan hidup untuk membangun tanah harapan yang menjanjikan masa depan lebih cerah.

Babad Lombok menyebutkan bahwa kerajaan tertua yang berkuasa di Pulau Lombok adalah Kerajaan Laeq. Namun, menurut Babad Suwung, bukan Kerajaan Laeq yang tertua di pulau tersebut melainkan Kerajaan Suwung yang dipimpin oleh Raja Betara Indra. Saat kejayaan Kerajaan Suwung telah surut, berdirilah Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 sampai dengan abad ke-11, Kerajaan Sasak berdiri.

Berturut-turut kemudian, pemerintahan yang berkuasa di wilayah tersebut adalah Kerajaan Selaparang I (abad ke-13), Kerajaan Majapahit (1357), Kerajaan Selaparang II (abad ke-16 s.d. tahun 1744), Kerajaan Karangasem (1744-1894), Hindia Belanda (1894), Jepang (1942), Negara Indonesia Timur (1946-1950), Republik Indonesia (1950-sekarang). Peta Lokasi Pulau lombok : https://goo.gl/maps/b8QdssDs2zu

 

Hotel dan Penginapan di Pulau Lombok

Berikut ini hotel-hotel di Pulau Lombok yang dipilih DOcar sewa mobil lombok berdasarkan popularitas dan rating hotel:

1.      Hotel Vila Ombak

2.      Les Villas Ottalia

3.      Pearls of Trawangan

4.      Gili Palms Resort

5.      Puri Mas Boutique Resort & Spa

6.      Hotel Senggigi Beach

7.      Hotel Jayakarta Lombok

8.      Living Asia Resort Setangi

9.      Hotel K2 Style Mataram

10.Hotel Svarga Lombok

Peta lokasi hotel di lombok klik https://goo.gl/maps/tmafxqtGvdR2

Wisata di Pulau Lombok

Pulau Lombok mulai dikenal wisatawan mancangeara pada tahun 1990-an. Sama-sama berbentuk pulau yang relatif lebih kecil daripada pulau-pulau lain di Indonesia, pariwisata Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali. Potensi wisata Pulau Lombok pada sekitar pertengahan tahun 1990-an telantar karena Indonesia dilanda krisis moneter. Peristiwa kerusuhan antaretnis pada awal tahun 2000-an juga membuat sebagian besar kaum minoritas mengungsi ke Pulau Bali. Sektor pariwisata Lombok mulai bangkit lagi di tahun 2007.

Setidaknya, ada dua jenis objek pariwisata yang terkenal di Pulau Lombok. Yang pertama adalah wisata alam. Pariwisata alam paling utama dipengaruhi oleh keberadaan Gunung Rinjani dan pantai-pantai yang mengelilingi Pulau Lombok. Wisata mendaki Gunung Rinjani termasuk yang terindah dari semua wisata pendakian di seluruh Asia. Untuk wisata pantai, ada Pantai Senggigi di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Snorkeling adalah kegiatan wisata andalan di pantai ini. Di daerah pantai tersebut, ada objek wisata Batu Bolong dan Batu Layar. Batu Bolong adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang di tepi pantai sedangkan Batu Layar adalah tempat makam seorang ulama. Batu Layar juga merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu.

Untuk wisata budaya, Pulau Lombok memiliki objek wisata Desa Sade, Masjid Bayan Beleq, Taman Narmada, Taman Mayura, Pura Suranadi, Pura Lingsar, Sukakara, Rambitan, dll. Masjid Bayan Beleq adalah salah satu situs bersejarah di Indonesia. Dibangun pada abad ke-17, masjid tersebut adalah masjid pertama yang berdiri di Pulau Lombok. Letaknya di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Sedangkan Taman Narmada adalah tempat upacara Pakelem dan tempat peristirahatan keluarga raja pada musim kemarau. Letak taman tersbeut di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Cek peta lokasi semua wisata di Pulau Lombok di https://goo.gl/maps/Uaq4xkXX8Vy

 

Wisata Kuliner di Pulau Lombok

Lombok selain berarti nama tempat (Pulau Lombok) adalah sebutan lain dari sayuran yang sering dijadikan bumbu dapur. Lombok/cabai dapat menyajikan citarasa pedas dalam masakan. Entah kebetulan atau tidak, citarasa khas masakan Lombok adalah berbumbu kuat dan pedas. Kuliner Lombok adalah salah satu kuliner Nusantara yang paling terkenal. Berikut ini beberapa kuliner Lombok paling khas:

1.      Ayam Taliwang

Masakan berikut ini menggunakan bahan baku ayam kampung muda utuh. Ayam tersebut dapat dimasak dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang. Bumbu khas Taliwang yang super pedas tersebut dilumurkan ke ayam baru dimasak sesuai selera. Kekhasan rasa super pedas itulah yang membuat kuliner ini terkenal di Lombok.

2.      Beberuk Terong

Beberuk Terong merupakan hidangan sejenis lalapan yang biasanya disajikan bersama dengan Ayam Taliwang. Bahan utamanya adalah terong ungu. Sedangkan bumbunya terdiri dari cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi bakar, garam, gula pasir, dan minyak goreng. Bumbu tersebut diolah dan disiramkan ke atas terong lalu ditambah perasan jeruk limau.

3.      Plecing Kangkung

Plecing Kangkung, sesuai namanya, menggunakan sayuran kangkung rebus sebagai bahan utama. Sambalnya terdiri dari racikan cabai rawit, tomat, garam, dan terasi. Rebusan taoge dan kacang goreng disediakan bersama dengan kangkung yang telah dibumbui tadi. Sebagai informasi, kangkung khas Lombok berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa.

4.      Kelaq Kelor

Di Lombok, daun kelor dapat diolah menjadi bahan masakan. Masyarakat Lombok memasaknya dengan dengan cara dimasak sayur bening. Sayuran ini dimakan bersama dengan sambal terasi khas Lombok dan nasi putih.

5.      Iwel

Jika biasanya kuliner Lombok identik dengan rasa pedas, iwel yang berbahan baku ketan hitam rasanya manis legit. Bahan lainnya adalah kelapa dan gula merah. Kue iwel biasanya disajikan saat ada upacara tradisi masyarakat setempat.

Docar Menyediakan Jasa Sewa mobil Lombok dengan harga murah. Tersedia banyak mobil dari perusahaan rental mobil di Lombok.

Selengkapnya
Full Day: 24 jam dalam tanggal yang sama
Sopir tanpa BBM: biaya termasuk mobil & sopir
Sopir & BBM: biaya termasuk mobil, sopir & bbm
All In: biaya sudah termasuk mobil, sopir, BBM, parkir, tol, makan sopir, akomodasi sopir
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Download DOcar Apps
download docar app