1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Palu - Dalam Kota; 22 Sep 2017; 12 Jam - Sopir & BBM
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Palu

(0 mobil tersedia)
Tunggu kehadiran DOcar di Kota Palu.
Tentang Palu

Tentang Kota Palu

Palu merupakan kota yang menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Kota Palu disebut sebagai kota lima dimensi karena bentang alamnya berupa lembah, sungai, pegunungan, lautan, dan teluk. Kota Palu dilewati oleh garis katulistiwa sehingga saat siang hari matahari tepat di atas kepala.

Kota Manado memiliki populasi 342.754 jiwa menurut catatan tahun 2012. Penduduknya berasal dari beragam suku berlatar belakang dari berbagai agama. Suku bangsa mayoritas di Manado meliputi suku Kaili, Kulawi, Pamona, Banggai, dan Tionghoa. Sebagai tambahan informasi, flora resmi kota ini adalah Banga sedangkan fauna resminya adalah ikan Duyung.

Sejarah Kota Palu

Kota Palu mendapatkan namanya dari kata Topalu’e (tanah yang terangkat). Nama tersebut disematkan kepada kota ini karena Palu terbentuk dari pergeseran lempeng  yang tadinya lautan terangkat kemudian membentuk daratan lembah.

Sumber lain menyatakan bahwa asal usul nama Kota Palu berasal dari kata VOLO, bahasa Kaili yang merujuk pada tanaman babu di daerah Tawaeli-Sigi. Masyarakat Kaili sangat tergantung pada bambu karena mereka menggunakan tanaman bambu sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bambu dapat digunakan sebagai bahan makanan, perlengkapan sehari-hari, bahan bangunan, alat musik, dan permainan.

Kota Palu pada mulanya adalah sebuah kerajaan gabungan dari empat kampung. Kerajaan Palu tumbuh menjadi salah satu kerajaan yang sangat berpengaruh. Belanda pun berusaha mendekati pemimpin Kerajaan Palu. Tahun 1868, Belanda meminta perlindungan raja Maili. Namun, pada tahun 1888, Gubernur Belanda untuk Sulawesi bersama bala tentaranya menyerang Kayumalue. Dalam perang tersebut, Raja Maili terbunuh. Raja Jodjokodi menggantikan kedudukannya namun tidak lama kemudian (1 Mei 1888) memutuskan untuk menandatangi perjanjian pendek kepada Pemerintah Hindia Belanda.

Pihak Jepang mengambil kekuasaan wilayah Palu dari Belanda. Pada tahun 1950, pusat pemerintahan dipindahkan ke Kota Palu setelah Donggala dihancurkan oleh pasukan Sekutu dan Jepang. Setelah serangkaian peristiwa bersejarah, Kota Palu dijadikan sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 1964.

Wisata Kota Palu

Pariwisata Kota Palu amat berkembang karena kota tersebut memiliki bentang alam beragam. Seluruh dunia sudah mengenal Taman Nasional Bunaken sebagai tempat snorkeling melihat terumbu karang. Kemudian ada Danau Sibili di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli. Danau tersebut biasa digunakan warga untuk memancing ikan mujair, bawal, gabus, mal, dll.

Wisata sejarah atau peninggalan-peninggalan masa lampau juga menjadi objek wisata terkenal di Kota Palu. Wisatawan bisa mengunjungi Banua Mbaso (Sou Raja) yang merupakan tempat tinggal para bangsawan, berwisata religi ke Masjid Apung Argam Bab Al-Rahman, melihat peninggalan nenek moyang suku Kaili di Museum Sulawesi Tengah, atau menghabiskan waktu sejna di Taman Ria.

Wisata Kuliner Kota Palu

Masakan khas Kota Palu biasanya memiliki citarasa kuat dan pedas. Masyarakat Kaili memang menyukai masakan pedas. Faktor lain seperti mudahnya mengolah masakan berbahan rempah-rempah membuat pelbagai makanan khas kota ini berbumbu tajam. Masakan ikonik Kota Palu antara lain Kaledo, Uta Kelo, Duo Sole, Bau Ngau, dan Palu Mara.

Hotel dan Penginapan di Kota Palu

Berikut ini beberapa hotel rekomendasi di Kota Palu:

  1. Total X Inn
  2. Hotel Santika Palu
  3. Graha Mulia Hotel
  4. Hotel Pelangi Palu
  5. Citra Mulia Hotel
  6. Swiss-BelHotel Silae Palu
  7. Bumi Palupy Hotel
  8. Grand Duta Hotel
  9. RR Hotel
  10. Hotel Gajah Mada
Selengkapnya
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Temukan Kami
Download DOcar Apps
download docar app