1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Pekalongan - Dalam Kota; 21 Nov 2017; 12 Jam - Sopir & BBM
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Pekalongan

(0 mobil tersedia)
Tunggu kehadiran DOcar di Kota Pekalongan.
Tentang Pekalongan

Tentang Kota Pekalongan

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi pesat di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini dibagi menjadi empat kecamatan serta terletak di jalur Pantura (jalur yang menghubungkan kota Jakarta-Semarang-Surabaya). Kota ini memiliki semboyan “Pekalongan Kota BATIK” dengan BATIK merupakan akronim dari “Bersih, Aman, Tertib, Indah, Komunikatif”.

Kota Batik juga merupakan julukan Kota Pekalongan. Diketahui, motif-motif batik yang khas lahir di kota ini. Bahkan, pada Desember 2014, Pekalongan masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art.

Sejarah Kota Pekalongan

Belum ada catatan jelas mengapa kota di jalur Pantura tersebut disebut Pekalongan. Namun, meskipun belum ada dokumen yang bisa dipertanggungjawabkan, dokumen tertua yang menyebut nama Pekalongan adalah Keputusan Pemerintah Hindia Belanda No. 40 Tahun 1931. Menganalisis apa yang tertulis di dokumen tersebut, diketahui bahwa Pekalongan berasal dari kata Halong (dapat banyak). Di bawah simbol kota, tertulis “Pek-Alongan”.

Berdasarkan keputusan DPRD Kota Besar Pekalongan tanggal 29 Januari 1957, Tambahan Lembaran daerah Swatantra Tingkat I Jawa Tengah tanggal 15 Desember 1958, dan persetujuan Pepekupeda Teritorium 4 dengan SK Nomor KTPS-PPD/00351/II/1958, ditetapkan bahwa nama Pekalongan berasal dari kata “A-Pek-Halong-An”. Kata tersebut berarti ‘pendapatan’.

Hari jadi Kota Pekalongan adalah 1 April 1906. Hari bersejarah itu ditandai dengan keluarnya Staatblaad No. 124 tahun 1906 tanggal 1 April 1906 tentang Decentralisatie Afzondering van Gelmiddelen voor de Hoofplaatss Pekalongan uit de Algemenee Geldmiddelen de dier Plaatse. Staatblaad tersebut memberikan hak otonomi untuk Kota Pekalongan.

Wisata Kota Pekalongan

Objek-objek wisata Kota Pekalongan kebanyakan berupa wisata sejarah ke bangunan-bangunan peninggalan Belanda. Destinasi wisata terkenal di kota ini di antaranya Museum Batik Indonesia, Kampung Batik Kauman, Makam Habib Ahmad Bin Adullah Bin Tholib Al Atas, Monumen 03-10-1945, Seaworld Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, Kampung Wisata Canting Landungsari, Kampung Wisata ATMB Medono, Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran Indah, Wahana Wisata Keluarga Meduri Asri, Water Park Dupan, Kawasan Kota Tua Jetayu, dan Taman Kota Kawasan Mataram.

Kunjungi tempat-tempat wisata di Kota Pekalongan bersama DOcar. Sewa mobil di mana saja, kapan saja, lewat aplikasi Android DOcar. Unduh gratis di Google PlayStore sekarang juga!

Wisata Kuliner Kota Pekalongan

Kuliner khas Kota Pekalongan yang terkenal kebanyakan berupa masakan khas. Kota ini juga merupakan asal beberapa restoran berjaringan lokal maupun nasional.

Berikut ini masakan khas Kota Pekalongan: Tauto, Kopi Tahlil, Gule Kambing Kacang Hijau, Nasi Kebuli, Garang Asem, Megono, dan Nasi Uwet.

Hotel dan Penginapan di Kota Pekalongan

Daftar hotel di Kota Pekalongan antara lain sbb.:

  1. Hotel Santika Pekalongan
  2. The Sidji Hotel
  3. Hotel Namira Syariah
  4. Jaya Dipa Hotel
  5. Hotel Wisma Dana
  6. Hotel Uriptenterem
  7. Dian Candra Hotel
  8. Hotel Dafam Pekalongan
  9. Hotel Sahid Mandarin Pekalongan
  10. Hotel Marlin
Selengkapnya
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Temukan Kami
Download DOcar Apps
download docar app