1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Berau - Dalam Kota; 23-07-2017; 12 Jam - Sopir & BBM
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Berau

(0 mobil tersedia)
Tunggu kehadiran DOcar di Kota Berau.
Tentang Berau

Tentang Berau

Berau adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten tersebut beribu kota di Tanjung Redeb. Menurut hasil Sensus Penduduk Indonesia tahun 2010, kabupaten dengan luas wilayah 34.127,47 kilometer persegi ini memiliki populasi kurang lebih 179.079 jiwa.

Kabupaten Berau memiliki motto “Sanggam”. Motto tersebut ternyata adalah akronim dari “Sehat, Anggun, Gairah, Aman, dan Manusiawi.” Julukan kabupaten ini adalah Maldiven van Borneo yang kurang lebih berarti Maladewa-nya Pulau Kalimantan.

Secara geografis, daratan Kabupaten Berau sebagian besar berupa gugusan perbukitan. Kecamatan Kalay adalah kecamatan dengan bukit kapur terluas yaitu mencapai 100 kilometer persegi. Kecamatan Biduk-biduk, Pulau Derawan, Maratua, dan Talisayan, adalah daerah-daerah pesisir dengan keindahan laut yang menawan.

Sebagian besar penduduk Kabupaten Berau berasal dari suku Dayak. Suku lainnya yang jumlahnya cukup signifikan adalah suku Banjar, suku Jawa, suku Bugis, suku Madura, dan etnis Tionghoa. Mereka pada umumnya bekerja sebagai petani, penambang, pedagang, dan buruh industri.

Sejarah Kabupaten Berau

Wilayah Kabupaten Berau pada mulanya adalah wilayah Kesultanan Berau. Kerajaan tersebut didirikan pada sekitar abad ke-14. Raja pertama Berau bernama Baddit Dipattung. Gelar Raja Baddit Dipattung adalah Aji Raden Surya Nata Kesuma. Istri raja Berau bernama Baddit Kurindan yang memiliki gelar Aji Permaisuri. Kerajaan Berau berpusat di Sungai Lati. Dewasa ini, kawasan sungai tersebut menjadi lokasi pertambangan batu bara PT Berau Coal.

Sekitar abad ke-18, VOC datang ke daerah Berau. Mereka menerapkan politik adu domba (Devide et Impera) untuk memecah belah Kerajaan Berau. Strategi tersebut berhasil memecah kekuatan Kerajaan Berau menjadi dua yaitu Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur.

Kota Tanjung Redeb ditetapkan sebagai kota Kabupaten Berau untuk mengenang pemerintahan Kesultanan Berau. Diketahui, Sultan Alimuddin memindahkan pusat pemerintahan kerajaan ini ke Kampung Gayam pada 25 September 1810. Kampung Gayam, yang sekarang dikenal dengan nama Kampung Bugis, adalah cikal bakal kota Tanjung Redeb. Tanggal pemindahan pusat pemerintahan itu ditetapkan sebagai hari jadi Kota Tanjung Redeb. Hal itu sebagaimana ditetapkan dalam Perda No. 3 tanggal 2 April 1992.

Wisata Kabupaten Berau

Karena letak wilayahnya, Kabupaten Berau menjadi gerbang ekonomi Kalimantan Timur bagian utara. Keadaan tersebut membuat sektor ekonomi serta pariwisata Berau berkembang pesat.

Objek pariwisata yang menonjol di Kabupaten Berau adalah objek wisata alam. Snorkeling di taman terumbu karang dan mengunjungi pemandian air panas adalah beberapa aktivitas wisata yang kerap dilakukan di tempat ini.

Berikut ini rekomendasi wisata Kabupaten Berau:

  1. Pulau Derawan
  2. Danau Ubur-ubur Pulau Kakaban
  3. Air panas asin Pemapak
  4. Lungun (kuburan suku Dayak di atas tebing)
  5. Waterboom Sentosa Park
  6. Air terjun Cawan Batu
  7. Gunung Nyapa
  8. Taman Cendana
  9. Teluk Sulaiman
  10. Pantai Teluk Sumbang
  11. Pasar Sanggam Adji Dilayas
  12. Makam raja-raja Kesultanan Gunung Tabur
  13. Keraton Kesultanan Sambaliung
  14. Masjid Agung Baitul Hikmah
  15. Taman Buru Batu Putih, dll.

Wisata Kuliner Kabupaten Berau

Makanan khas Kabupaten Berau yang menarik berupa kue tradisional serta sayuran. Berikut ini daftar beberapa kuliner khas Kabupaten Berau:

  1. Rangai
  2. Talinga Sagayi
  3. Kajajanga
  4. Satu
  5. Satu Kacang
  6. Udang Singgang
  7. Udang Jarrang Assam
  8. Tumpi Udang
  9. Pindang Mannung
  10. Lawar Pakis

Hotel dan Penginapan di Kabupaten Berau

Berikut ini daftar nama-nama hotel dan penginapan yang bisa dipertimbangkan selama berwisata ke Kabupaten Berau:

  1. Hotel Derawan Indah
  2. Hotel Sederhana
  3. Hotel Adhi Beringin
  4. Hotel Berau Plaza
  5. Hotel Palmy
  6. Losmen Pulau Derawan
  7. Losmen Wisal
  8. Losmen Kelay Indah
  9. Losmen Family
  10. Losmen Srikandi
Selengkapnya
Full Day : 24 jam dalam tanggal yang sama
Sopir tanpa BBM :   biaya termasuk mobil & sopir
Sopir & BBM : biaya termasuk mobil, sopir & bbm
All In : biaya sudah termasuk mobil, sopir, BBM, parkir, tol, makan sopir, akomodasi sopir
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Temukan Kami
Download DOcar Apps
download docar app