1 PILIH
2 PESAN
3 BAYAR
Manado - Dalam Kota; 23-07-2017; 12 Jam - Sopir & BBM
Filter Pencarian
Kisaran Harga

Rp 1       Rp 3.000.000

Kapasitas Duduk

1       30

Tahun Perakitan

2000       2016

Kelas Tersedia
Tipe Tersedia

Sewa Mobil Manado

(0 mobil tersedia)
Tunggu kehadiran DOcar di Kota Manado.
Tentang Manado

Tentang Kota Manado

Manado, sering pula disebut dengan Menado, adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Lokasi kota ini di Teluk Manado serta dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota berpenduduk 423.257 jiwa di tahun 2014 ini adalah kota terbesar kedua di Pulau Sulawesi setelah Kota Makassar.

Luas wilayah Kota Manado adalah 15.726 hektare dengan garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Sedangkan wilayah perairan Manado terdiri atas Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, dan Pulau Siladen. Karakteristik Pulau Bunake dan Pulau Siladen cenderung serupa yaitu bergelombang dengan puncak setinggi 200 meter. Sementara itu, Pulau Manado Tua termasuk dalam kategori pulau gunung berketinggian kurang lebih 750 meter.

Sejarah Kota Manado

Menurut legenda, asal mula Kota Manado adalah dari “Wanua Wenang.” Istilah tersebut diberikan oleh penduduk asli Minahasa. Wanua Wenang didirikan oleh Ruru Ares sekitar abad ke-13. Ruru Ares, bergelar Dotulolong Lasut, menjabat sebagai Kepala Walak Ares. Dia menetap di wilayah tersebut bersama keturunannya.

Sementara itu, versi lain sejarah Kota Manado mengatakan bahwa wilayah Manado sebenarnya adalah pengembangan dari sebuah negeri bernama Pogidon. Kota Manado telah dikenal sejak abad ke-16. Ketika itu, wilayah Manado sudah didatangi orang-orang dari luar negeri. Sebutan Manado mulai digunakan pada tahun 1623 menggantikan nama “Pogidon” atau “Wenang.” Manado berasal dari bahasa daerah Minahasa, Mana rou atau Mana dou, artinya “di jauh.” Kata Manado pada mulanya merujuk ke pulau di sebelah Pulau Bunaken.

Hari jadi Kota Manado, 14 Juli 1623, merupakan hari saat terjadinya tiga peristiwa bersejarah sekaligus di kota tersebut. Penetapan tanggal 14 diambil dari peristiwa heroik putra daerah melawan penjajahan Belanda yang dikenal dengan nama peristiwa merah putih. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 14 Feburari 1946. Sementara bulan Juli diambil saat munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente, Juli 1919 (unsur yuridis). Tahun 1623 diambil dari unsur historis karena pada tahun itulah nama Kota Manado mulai digunakan dalam surat-surat resmi.

Wisata Kota Manado

Ekowisata adalah sektor wisata Manado paling atraktif. Pariwisata Kota Manado berkembang dengan pesat dari tahun 1990-an hingga sekarang. Taman Nasional Bunaken menjadi tempat wisata taman laut terindah di dunia. Turis mancanegara tertarik menyelam (snorkeling) di Bunaken untuk melihat formasi terumbu karang yang luas dan indah. Objek wisata lain yang menarik antara lain wisata alam Vuclano Area di Tomohon, Danau Tondano, Taman Purbakala Waruga Sawangan, Desa Agrowisata Rurukan-Tomohon, Batu Pinabetengan, Kelenteng Ban Hin Kiong, Tugu Peringatan Perang Dunia Kedua, Monumen Yesus Memberkati, dan Manado Boulevard.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Manado, Jimmy Rimba Rogi, Manado dicanangkan sebagai Kota Pariwisata Dunia 2010. Untuk dapat merealisasikan Manado sebagai tujuan wisata dunia, Jimmy mengeluarkan beberapa kebijakan. Dia merelokasi PKL di Taman Kesatuan Bangsa agar fungsi trotoar dapat kembali seperti semula. Kebijakan tersebut berkontribusi besar atas kesuksesan Manado meraih penghargaan Adipura pada tahun 2007.

Wisata Kuliner Kota Manado

Kuliner Kota Manado yang terkenal didominasi oleh kue-kue fusion tradisional dan Eropa. Berikut ini beberapa makanan khas daerah tersebut yang terkenal:

  1. Klappertaart
  2. Halua Kenari
  3. Panada
  4. Pala Manis
  5. Kacang Goyang
  6. Dodol Amurang
  7. Cakalang Fufu
  8. Sambal Roa

Hotel di Kota Manado

Berikut ini hotel-hotel rekomended di Kota Manado:

  1. Gran Puri Manado
  2. Hotel Prince Boulevard
  3. Malesan-Inn Manado
  4. Sintesa Peninsula Hotel Manado
  5. Miracle Hotel
  6. d’Karombasan Hotel
  7. Casa de Wanea Hotel & Resto
  8. Hotel Formosa Manado
  9. Manado Quality Hotel
  10. Whiz Prime Hotel Megamas Manado
Selengkapnya
Full Day : 24 jam dalam tanggal yang sama
Sopir tanpa BBM :   biaya termasuk mobil & sopir
Sopir & BBM : biaya termasuk mobil, sopir & bbm
All In : biaya sudah termasuk mobil, sopir, BBM, parkir, tol, makan sopir, akomodasi sopir
Pembayaran
Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image Responsive image
Temukan Kami
Download DOcar Apps
download docar app